BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar belakang
Komunikasi
merupakan hal penting dalam sistem pengendalian manajemen yang merupakan alat
untuk mengarahkan, memotivasi, memonitor atau mengamati serta evaluasi
pelaksanaan manajemen perusahaan yang mencoba mengarahkan pada tujuan
organisasi dalam perusahaan agar kinerja yang dilakukan oleh pihak manajemen
perusahaan dapat berjalan lebih efesien dan lancar, yang dimonitor atau yang
diatur dalam sistem pengendalian manajemen adalah kinerja dari perilaku manajer
di dalam mengelola perusahaan. Merchant (1998) mengatakan bahwa orientasi
perilaku berhubungan dalam lingkungan pengendalian manajemen, perilaku
berpengaruh dalam desain system pengendalian manajemen untuk membantu,
mengendalikan, memotivasi manajemen dalam mengambil keputusan dan memonitor
perilaku yang dapat mengendalikan aktivitas-aktivitas yang terjadi dalam sebuah
organisasi. Sistem pengendalian manajemen adalah sejumlah struktur komunikasi
yang saling berhubungan yang mengklasifikasikan proses informasi yang dapat membantu
manajer dalam mengkoordinasi bagiannya untuk mengubah perilaku dalam pencapaian
tujuan organisasi yang diharapkan pada dasar yang berkesinambungan
(Maciarriello dan Kirby, 1994). Untuk membentuk suatu kerja sama yang baik
jelas perlu adanya komunikasi yang baik antara unsur-unsur yang ada di dalam
organisasi tersebut. Komunikasi yang baik akan menimbulkan saling pengertian
dan kenyamanan dalam bekerja.
2.
Identifikasi
Masalah
1)
Apa itu Fungsi Komunikasi
2)
Bagaimana Proses Komunikasi
3)
Apa Saja Arah Dalam Komunikasi
4)
Apa Saja Komunikasi Organisasi
5)
Bagaimana Mode Komunikasi
6)
Apa saja Saluran Komunikasi
7)
Apa saja Hambatan-Hambatan pada
Komunikasi yang Efektif
8)
Apa saja Implikasi Global
3.
Tujuan
Penulisan
1)
Untuk mengetahui Fungsi Komunikasi
2)
Untuk mengetahui Proses Komunikasi
3)
Untuk mengetahui Arah Dalam Komunikasi
4)
Untuk mengetahui Komunikasi Organisasi
5)
Untuk mengetahui Mode Komunikasi
6)
Untuk mengetahui Saluran Komunikasi
7)
Untuk mengetahui Hambatan-Hambatan pada
Komunikasi yang Efektif
8)
Untuk mengetahui Implikasi Global
BAB
II
PEMBAHASAN
Komunikasi
adalah proses perpindahan dan pemahaman arti dalam bentuk gagasan atau
informasi.
A.
FUNGSI
KOMUNIKASI
Komunikasi
menjalankan empat fungsi utama di dalam kelompok atau organisasi,yaitu:
·
Fungsi Pengendalian.
Komunikasi
berfungsi mengendalikan perilaku anggota dengan beberapa cara.
Setiap organisasi mempunyai hirarki wewenang dan garis panduan formal yang harus dipatuhi oleh karyawan. Begitu pula dengan komunikasi informal yang mampu mengendalikan perilaku.
Setiap organisasi mempunyai hirarki wewenang dan garis panduan formal yang harus dipatuhi oleh karyawan. Begitu pula dengan komunikasi informal yang mampu mengendalikan perilaku.
·
Fungsi Motivasi.
Komunikasi
memperkuat motivasi dengan menjalankan ke para karyawan apa yang harus
dilakukan,seberapa baik mereka bekerja,dan apa yang dapat dikerjakan untuk
memperbaiki kinerja yang dibawah standar.
·
Fungsi Pengungkapan Emosional.
Komunikasi
yang terjadi didalam kelompok itu merupakan mekanisme fundamental di mana para
anggota menunjukkan kekecewaan dan kepuasan. Oleh karena itu,komunikasi
memfasilitasi pelepasan ungkapan emosi perasaan dan pemenuhan kebutuhan sosial.
·
Fungsi Informasi.
Komunikasi
memberiakn informasi yang diberikan individu dan kelompok untuk mengambil
keputusan melalui penyampaian data guna mengenali dan mengevaluasi
pilihan-pilihan alternatif.
B.
PROSES
KOMUNIKASI
Proses komunikasi adalah langkah-langkah
antara sumber dan penerima yang menghasilkan penyampaian dan pemahaman makna.
Gambar Proses
Komunikasi
Pengirim pesan (sender) dan isi pesan / materi Pengirim pesan adalah orang yang mempunyai ide untuk
disampaikan kepada seseorang dengan harapan dapat dipahami oleh orang yang
menerima pesan sesuai dengan yang dimaksudkannya. Pesan adalah informasi yang
akan disampaikan atau diekspresikan oleh pengirim pesan. Pesan dapat verbal
atau non verbal dan pesan akan efektif bila diorganisir secara baik dan jelas.
Pengodean pesan Pada tahap ini pengirim pesan membuat kode atau simbol sehingga
pesannya dapat dipahami oleh orang lain. Biasanya seorang manajer menyampaikan
pesan dalam bentuk kata-kata, gerakan anggota badan (tangan, kepala, mata dan
bagian muka lainnya). Tujuan penyampaian pesan adalah untuk mengajak, membujuk,
mengubah sikap, perilaku atau menunjukkan arah tertentu.
Media / penghubung (saluran) Adalah alat untuk penyampaian pesan seperti ; TV, radio
surat kabar, papan pengumuman, telepon, bertatap muka langsung dan lainnya.
Pemilihan media ini dapat dipengaruhi oleh isi pesan yang akan disampaikan,
jumlah penerimaan pesan, situasi. Saluran terbagi atas Saluran Formal dan
Saluran Informal.
Mengartikan kode
/ isyarat Setelah pesan diterima
melalui indera (telinga, mata dan seterusnya) maka si penerima pesan harus
dapat mengartikan simbul/kode dari pesan tersebut, sehingga dapat dimengerti
atau dipahaminya.
Penerima pesan Penerima pesan adalah orang yang dapat memahami pesan dari
sipengirim meskipun dalam bentuk code atau isyarat tanpa mengurangi arti pesan
yang dimaksud oleh pengirim
Umpan balik (feedback) Balikan adalah isyarat atau tanggapan yang berisi
kesan dari penerima pesan dalam bentuk verbal maupun nonverbal. Tanpa balikan
seorang pengirim pesan tidak akan tahu dampak pesannya terhadap si penerima
pesan Hal ini penting bagi manajer atau pengirim pesan untuk mengetahui apakah
pesan sudah diterima dengan pemahaman yang benar dan tepat. Balikan dapat
disampaikan oleh penerima pesan atau orang lain yang bukan penerima pesan.
Balikan yang disampaikan oleh penerima pesan pada umumnya merupakan balikan
langsung yang mengandung pemahaman atas pesan tersebut dan sekaligus merupakan
apakah pesan itu akan dilaksanakan atau tidak balikan yang diberikan oleh orang
lain didapat dari pengamatan pemberi balikan terhadap perilaku maupun ucapan
penerima pesan. Pemberi balikan menggambarkan perilaku penerima pesan sebagai
reaksi dari pesan yang diterimanya. Balikan bermanfaat untuk memberikan
informasi, saran yang dapat menjadi bahan pertimbangan dan membantu untuk
menumbuhkan kepercayaan serta keterbukaan diantara komunikan, juga balikan
dapat memperjelaspersepsi.
Gangguan/Kebisingan Gangguan bukan merupakan bagian dari proses komunikasi akan
tetapi mempunyai pengaruh dalam proses komunikasi, karena pada setiap situasi
hampir selalu ada hal yang mengganggu kita. Gangguan adalah hal yang merintangi
atau menghambat komunikasi sehingga penerima salah menafsirkan pesan yang
diterimanya.
C.
ARAH
DALAM KOMUNIKASI
Komunikasi dapat mengalir secara
vertical atau horizontal.
1)
Vertikal
Dimensi vertikal dapat dibagi lebih lanjut menjadi ke arah bawah dan ke atas.
Dimensi vertikal dapat dibagi lebih lanjut menjadi ke arah bawah dan ke atas.
-
Ke Bawah
Komunikasi ke bawah adalah komunikasi yang mengalir dari satu tingkat
dalam kelompok atau organisasi ke tingkat yang lebih bawah. Komunikasi ini
meliputi para manajer yang berkomunikasi dengan bawahannya.
-
Ke Atas
Komunikasi ke atas mengalir ke tingkat yang lebih tinggi dalam kelompok
atau organisasi. Komunikasi ini juga digunakan untuk memberikan umpan balik ke
atasan,menginformasikan merek mengnai kemajuan sasaran,dan menyampaikan
masalah-masalah yang dihadapi.
2)
Horizontal/Lateral
Ketika komunikasi terjadi di antara kelompok kerja yang sama,di antara anggota kelompok kerja pada tingkat yang sama, di antara manajer pada tingkat yang sama atau di antara setiap personel yang secara horizontal ekuivalen, kita namakan itu sebagai komunikasi horizontal.
Ketika komunikasi terjadi di antara kelompok kerja yang sama,di antara anggota kelompok kerja pada tingkat yang sama, di antara manajer pada tingkat yang sama atau di antara setiap personel yang secara horizontal ekuivalen, kita namakan itu sebagai komunikasi horizontal.
D.
KOMUNIKASI
ORGANISASI
·
Jaringan
Kelompok-Kecil Formal
Jaringan organisasi formal ini bisa jadi sangat rumit, karena bisa jadi
mencakup ratusan orang atau puluhan tingkat hierarki. Stephen P. Robbins
menyederhanakan jaringan formal ini kedalam tiga kelompok kecil yang umum yang
masing-masing terdiri dari lima orang.
Jaringan
kelompok-kecil formal terdiri dari tiga jaringan yaitu :
Rantai Roda Seluruh
Saluran
Jaringan rantai secara
kaku mengikuti rantai komando formal. Jaringan ini mewakili saluran-saluran
komunikasi yang dapat anda temui dalam suaru organisasi tiga tingkat yang kaku.
Efektivitas jaringan rantai adalah yang paling pas jika akurasi menjadi titik
fokus anda.
Jaringan roda bergantung
pada satu figur sentral yang bertindak sebagai perantara komunikasi antara
semua kelompok.Jaringan roda merupakan contoh dari jaringan komunikasi yang
akan anda temukan pada sebuah tim dengan posisi seorang pemimpin yang kuat.
Efektivitas struktur roda memfasilitasi munculnya seorang pemimpin.
Jaringan seluruh saluran
memungkinkan semua anggota kelompok untuk saling berkomunikasi secara aktif.
Dalam praktiknya, jaringan ini sangat sering dikaitkan dengan tim-tim yang
otonom, di mana semua anggota kelompok bebas untuk berkontribusi dan tidak ada
orang yang memegang peran pemimpin. Efektivitas jaringan seluruh saluran adalah
pilihan yang terbaik bila Anda mementingkan kepuasan anggota.
·
Kabar Selentingan
(Gosip)
Kabar
Selentingan adalah suatu jaringan komunikasi informal dalam organisasi.
Meskipun selentingan ini bersifat informal, tidakberarti selentingan ini bukan
merupakan sumber informasi yang penting. Misalnya survei terbaru menemukan
bahwa 75% dari karyawan mendengar pertama kali ada masalah dari desas desus
dalam selentingan (Stephen P. Robbins : 2006).
Selentingan
mempunyai tiga karakteristik utama (Stephen P. Robbins : 2006), yaitu:
1. Selentingan tidak
dikendalikan oleh manajemen.
2. Selentingan dipersepsikan
oleh kebanyakan karyawan sebagai sumber informasi yang
paling dapat dipercaya dan andal daripada
informasi formal yang diumumkan oleh
manajemen puncak.
9) Sebagian
besar selentingan digunakan untuk melayani kepentingan sendiri dari orang
orang di dalamnya
Selentingan
merupakan bagian penting dari komunikasi kelompok atau organisasi. Selentingan
menunjukkan kepada para manajer isu-isu yang membingungkan yang dianggap oleh
para karyawan dianggap penting dan memicu kecemasan. Oleh karena itu,
selentingan bertindak sebagai filter dan sebagai mekanisme umpan balik, yang
mengumpulkan isu-isu yang dianggap relevan oleh para karyawan. Dan yang lebih
penting lagi yaitu dari perspektif manajerial, adanya kemungkinan menganalisis
informasi selentingan dan meramalkan arahnya.
E.
MODE
KOMUNIKASI
· Komunikasi Lisan
Sarana utama satu individu melakukan komunikasi dengan individu lainnya
adalah melalui lisan dengan cara berbicara, berpidato, mengobrol, diskusi
kelompok dan lain sebagainya. Salah satu keuntungan dari komunikasi lisan
adalah kecepatan dalam umpan balik yang dihasilkannya. Pesan verbal dapat
disampaikan dan tanggapan diterima dalam waktu yang relatif singkat. Jika
penerima merasa tidak yakin dengan pesan itu, umpan balik yang cepat
memungkinkan deteksi dini oleh pengirim dan karenanya memungkinkan koreksi
dini.
Disamping memilik keuntungan diatas, komunikasi dengan lisan pun memiliki
kerugian. Kelemahan terbesar dari komunikasi lisan terdapat dalam organisasinya
atau ketika pesan tersebut harus disampaikan melalaui sejumlah orang. Semakin
banyak orang yang harus dilalui oleh sebuah pesan, semakin besar kemungkinan
penyimpanganya.
Contoh Komunikasi Lisan : Rapat, Video
Conferencing, dan Telepon.
· Komunikasi Tertulis
Dalam kehidupan sehari-hari, kita sudah terbiasa melakukan komunikasi
secara tertulis. Diantara media yang sering digunakan untuk melakukan
komunikasi tertulis ini diantaranya memo, surat, email, fax, sms, laporan
berkala organisasi, pengumuman di papan, bulletin dan alat-alat lain yang
dikirimkan via kata-kata secara tertulis.
Salah satu keuntungan penggunaan komunikasi tulisan ini adalah karena komunikasi tulisan ini berwujud dan dapat dibuktikan atau dapat dijadikan sebagai bukti. Umumnya, baik pengirim maupun penerima memiliki catatan komunikasi. Pesan dapat disimpan dalam waktu yang lama.
Salah satu keuntungan penggunaan komunikasi tulisan ini adalah karena komunikasi tulisan ini berwujud dan dapat dibuktikan atau dapat dijadikan sebagai bukti. Umumnya, baik pengirim maupun penerima memiliki catatan komunikasi. Pesan dapat disimpan dalam waktu yang lama.
Kelebihan seperti ini tentu saja merupakan keuntungan tersendiri bagi
sebuah organisasi. Misalnya saja pesan ini berisi tugas yang harus dikerjakan
oleh anggota dari organisasi tersebut selama beberapa bulan. Dengan
menyampaikannya secara tertulis, maka ini dapat dijadikan pedoman selama
tenggat waktu tertentu atau selama tugas dan tujuan tersebut belum tercapai.
Manfaat lain dari komunikasi tertulis/tulisan ini muncul dari prosesnya
sendiri. Biasanya kita akan lebih cermat dan lebih teliti terhadap kata/pesan
yang ditulis daripada kata/pesan yang disampaikan melalui lisan. Dengan
demikian komunikasi tertulis ini lebih memungkinkan untuk dapat difikirkan
dengan baik, logis, dan jelas.
Selain mempunyai kelebihan seperti telah diutarakan diatas, pesan tertulis juga mempunyai kekurangan. Pesan tertulis dapat memakan waktu yang relatif lebih lama daripada pesan yang disampaikan melalui lisan. Dengan demikian meskipun menulis jauh lebih akurat tetapi menulis juga dapat memakan waktu yang relatif lama. Kemudian dalam komunikasi tulisan/tertulis juga, umpan baluk yang diterima relatif lebih lama daripada komunikasi lisan.
Selain mempunyai kelebihan seperti telah diutarakan diatas, pesan tertulis juga mempunyai kekurangan. Pesan tertulis dapat memakan waktu yang relatif lebih lama daripada pesan yang disampaikan melalui lisan. Dengan demikian meskipun menulis jauh lebih akurat tetapi menulis juga dapat memakan waktu yang relatif lama. Kemudian dalam komunikasi tulisan/tertulis juga, umpan baluk yang diterima relatif lebih lama daripada komunikasi lisan.
Contoh
Komunikasi Melalui Tulisan : Surat, PowerPoint, Surat Elektrik (E-mail), Pesan
Teks, Media Sosial, Blog, Lainnya.
· Komunikasi Nonverbal
Komunikasi non verbal adalah penyampaian pesan tanpa kata-kata dan
komunikasi non verbal memberikan arti pada komunikasi verbal. Yang termasuk
komunikasi non verbal :
a.
Ekspresi
wajah, wajah merupakan sumber yang kaya dengan komunikasi, karena ekspresi
wajah cerminan suasana emosi seseorang.
b.
Kontak mata,
merupakan sinyal alamiah untuk berkomunikasi. Dengan mengadakan kontak mata
selama berinterakasi atau tanya jawab berarti orang tersebut terlibat dan
menghargai lawan bicaranya dengan kemauan untuk memperhatikan bukan sekedar
mendengarkan. Melalui kontak mata juga memberikan kesempatan pada orang lain
untuk mengobservasi yang lainnya
c.
Sentuhan
adalah bentuk komunikasi personal mengingat sentuhan lebih bersifat spontan
dari pada komunikasi verbal. Beberapa pesan seperti perhatian yang
sungguh-sungguh, dukungan emosional, kasih sayang atau simpati dapat dilakukan
melalui sentuhan.
d.
Postur tubuh
dan gaya berjalan. Cara seseorang berjalan, duduk, berdiri dan bergerak
memperlihatkan ekspresi dirinya. Postur tubuh dan gaya berjalan merefleksikan
emosi, konsep diri, dan tingkat kesehatannya.
e.
Sound
(Suara). Rintihan, menarik nafas panjang, tangisan juga salah satu ungkapan
perasaan dan pikiran seseorang yang dapat dijadikan komunikasi. Bila
dikombinasikan dengan semua bentuk komunikasi non verbal lainnya sampai desis
atau suara dapat menjadi pesan yang sangat jelas.
Gerak isyarat, adalah yang dapat mempertegas pembicaraan. Menggunakan isyarat sebagai bagian total dari komunikasi seperti mengetuk-ngetukan kaki atau mengerakkan tangan selama berbicara menunjukkan seseorang dalam keadaan stress bingung atau sebagai upaya untuk menghilangkan stress.
Gerak isyarat, adalah yang dapat mempertegas pembicaraan. Menggunakan isyarat sebagai bagian total dari komunikasi seperti mengetuk-ngetukan kaki atau mengerakkan tangan selama berbicara menunjukkan seseorang dalam keadaan stress bingung atau sebagai upaya untuk menghilangkan stress.
F.
SALURAN
KOMUNIKASI
·
Saluran Formal
(formal channel)
Saluran formal
adalah saluran komunikasi yang ditetapkan oleh organisasi untuk mengirimkan
pesan-pesan yang terkait dengan aktivitas professional dari para anggota.
Mereka secara tradisional mengikuti rantai wewenang didalam organisasi.
·
Saluran
Informal (informal channel)
Saluran
Informal adalah saluran komunikasi yang diciptakan secara spontan dan
berkembang sebagai anggapan atas pilihan-pilihan individu
G.
HAMBATAN-HAMBATAN
PADA KOMUNIKASI YANG EFEKTIF
Sejumlah
hambatan dapat memperlambat atau mengganggu komunikasi yang efektif.
1.
Penyaringan
Penyaringan mengacu ke pengirim yang memanipulasi informasi sedemikian
rupa sehingga akan tampak lebih menguntungkan di mata si penerima. Penentu
utama dari penyaringan adalah jumlah level dalam struktur organisasi. Semakin
vertical level dalam organisasi,semakin banyak terjadi peluang penyaringan.
2.
Persepsi
Selektif
Konsep persepsi selektif muncul karena penerima dalam proses komunikasi
secara selektif melihat dan mendengar berdasarkan kebutuhan,motivasi,pengalaman,latara
belakang,dan karakteristik personal lainnya.
3.
Informasi
Berlebih
Apabila informasi yang harus kita gunakan dalam bekerja melebihi
kemampuan pengolahan data kita, terjadilah informasi berlebih. Apabila terjadi
kelebihan informasi,maka individu-individu cenderung
menyeleksi,mengabaikan,melewati,atau melupakan informasi. Atau mereka
menghentikan pengolahan sampai situasi informasi berlebih itu lewat.
4.
Emosi
Pesan yang diterima ketika marah atau kesal sering diinterprestasikan
secara berbeda dibandingkan ketika seseorang itu senang. Emosi yang ekstrim
seperti sorak kegiraan atau depresi paling mungkin menghambat komunikasi yang
efektif.
5.
Bahasa
Kata-kata bisa memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda pula.
Usia,pendidikan,dan latar belakang budaya merupakan tiga dari variable-variabel
yang begitu mempengaruhi bahasa yang digunakan seseorang dan definisi yang dia
berikan ke kata-kata itu.
6.
Keheningan
Keheningan dari para pekerja berarti para manajer kurang informasi
mengenai permasalahan operasional yang berlangsung. Keheningan mengacu pada
diskriminasi, gangguan, korupsi, dan kelakuan buruk yang berarti bahwa para
manajemen puncak tidak dapat mengambil tindakan untuk menghilangkan perilaku
ini. Terkahir, para pekerja yang berdiam diri dengan permasalahan yang penting
juga dapat berarti sedang mengalami tekanan secara psikologis.
7.
Kegelisahaan
Komunikasi
Meskipun banyak orang takut berbicara di depan kelompok,kegelisahan
komunikasi merupakan masalah yang lebih serius karena mempengaruhi seluruh
kategori teknik komunikasi. Orang yang menderita kegelisahan komunikasi
mengalami ketegangan dan kecemasan yang tidak pada tempatnya dalam komunikasi
lisan,tulisan,atau keduanya.
8.
Berbohong
Hambatan terakhir terhadap komunikasi yang efektif adalah kesalahan
penyajian atas informasi secara sekaligus, atau berbohong. Sebagian besar orang
yang berbohong akan mengambil langkah untuk melindungi dari dideteksi, sehingga
mereka akan melihat pada pandangan mata dari seseorang ketika berbohong karena
mereka mengetahui bahwa kontak mata secara langsung (secara tidak langsung)
dapat diasumsikan sebagai sebuah tanda dari keadaan yang sebenarnya.
H.
IMPLIKASI
GOMBAL
Komunikasi efektif akan sulit terjadi di bawah kondisi yang terbaik.
Faktor lintas budaya jelas berpotensial menciptakan permasalahan komunikasi
yang besar. Suatu sikap yang dipahami dan dapat dipahami dan dapat diterima
dengan baik dalam salah satu budaya dapat tidak berarti apa pun atau malah
berarti buruk dalam budaya lainnya.
·
Hambatan-hambatan
budaya
Sedikitnya ada empat masalah
yang menjadikan factor budaya ini menjadi penghambat dalam komunikasi, yaitu:
a. Hambatan
yang disebabkan oleh semantik
Makna kata bisa
berlainan untuk orang yang berbeda. Hal ini dikarenakan beberapa kata ada yang
tidak bisa diterjemahkan kedalam bahasa atau budaya lain.
b. Hambatan
yang disebabkan oleh konotasi kata
Seringkali
dalam bebrapa bahasa terdapat kata yang sama, baik dalam penulisan meupun dalam
pengucapannya, tetapi memiliki makna yang bebeda. Tentu saja hal ini dapat menyebabkan
kesalahpahaman dan menjadikan komunikasi menjadi tidak efektif.
c. Hambatan
yang disebabkan oleh perbedaan nada
Setiap daerah
atau suku biasanya mempunyai kebudayaan yang berbeda tidak terkecuali dengan
nada berbicara. Bagi orang batak misalnya, mereka sudah terbiasa berbicara
dengan nada yang tingi. Tetapi bagi orang sunda, biasanya nada yang tingi ini
sering diidentikan dengan keadaan marah atau tidak sopen dalam pembicaraan
sehari-hari.
d. Hambatan
yang disebabkan oleh beda persepsi
Biasanya orang
yang berasal dari latar belakang budaya yang berbeda mempunyai pandangan yang
berbeda dalam mempersepsikan sesuatu. Seperti dalam menanggapi suatu konflik.
Individu dari budaya-budaya individualis cenderung menjadi lebih nyaman dengan
konflik secara langsung dan akan membuat sumber dari ketidaksepakatan menjadi
terbuka dengan jelas dan memilih pernyataan yang menerima pertanggungjawaban
secara eksplisit atas konflik dan permintaan maaf didepan umum untuk
memperbaiki hubungan. Sedangkan budaya kolektivis cenderung mengakui konflik
secara implicit dan menghindari perselisihan yang sarat emosional. Mereka akan
mengaitkan konflik dengan situasi yang lebih daripada dengan individu dan oleh
karena itu tidak memerlukan permintaan maaf secara eksplisit untuk memperbaiki
hubungan.
·
Konteks
budaya
-
Budaya konteks tinggi adalah budaya yang sangat
mengandalkan isyarat situasional yang halus dan nonverbal dalam komunikasi.
-
Budaya konteks rendah adalah budaya yang sanagat
mengandalkan kata-kata untuk menyampaikan makna dalam komunikasi.
BAB III
STUDI KASUS
John
Baker, teknik utama Caribbean Bauxite Company limited di Barracania (Hindia
Barat), sedang melakukan pemeriksaan terakhirhir sebelum meninggalkan kepulauan
tersebut. Promosinya sebagai majer produksi di Keso Mining
Corporation.Winnipeg-sebuah perusahaan Kanada milik Continental Ore yang
berkembang pesat-telah diumumkan sebulan sebelumnya,dan ia telah mempersiapkan
segalanya-kecuali melakukan wawancara dengan calon penerusnya,seorang
Barracania muda yang sangat kompoten, Matthew Rennalls.wawancara ini harus
berjalan dengan baik dan Rennalls dibuat bersemangat menghadapi tugas barunya .
Hanya dengan memencet bell,Bakerr dapat memanggil Rennalls namun Baker
menundanya sesaat dan menatap keluar jendela sambil berfikir keras,mempertimbangkan
apa yang akan ia katakana dan-terutama-bagaimana ia mengatakannya.
Baker,Seorang
warga Negara inggris,berusia 45 tahun dan telah bekerja di Continental Ore
selama 23 tahun.Ia telah berkeliling dunia:ditimur jauh;Afrika;Eropa;dan dua tahun
tahun terakhir di Hindia barat tidak terlalu memedulikan penugasan penugasan
sebelumnya dihambrug dan merasa puas ketika ditempatkan di Hindia Barat.Iklim
kerja menarik perhatiannya:Baker selalu
memilih bekerja di Negara Berkembang karena ia merasa memiliki keterampilan
alamiah dalam mejalin hubungan dan bekerja sama dengan staf staf local-lebih
dari kebanyakan warga barat pada umumnya.Dalam waktu 24 jam semenjak
menginjakkan kaki di Barracania ia segera menyadari bahwa ia akan memerlukan
semua keterampilan tersebut.
Dalam
wawancara pertamanya dengan Glenda Hutchins,menejer produksi , segala masalah
dan potensi Rennalls dibahas secara khusus.Baker segera menyadari bahwa salah
satu tugasnya adalah mempersiapkan Rennalls sebagai penerusnya.Hutchins tidak hanya
mencalonkan Rennalls karena Rennalls adalah salah satu orang Barracania.Paling
pintar dijajaran staf Carribean Bauxite-ia mendapatkan gelar Sarjana tekhnik
dengan gelar kehormatan tertinggi di London University-melainkankan juga karena
Rennalls adalah anak menteri keuangan dan perencanaan ekonomi Brracania.Dengan
kata lain,ia memiliki pengaruh politik yang sangat besar.
Carrbiean
Bauxite merasa sangat puas ketika Rennalls memili bekerja untuk mereka
dibandingkan bekerja dipemerintahan.Rennalls tertarik bekerja di Carribeab
Bauxite karena perusahaan itu mencanankan sejumlah program regionalisasi yang
bersifat Riberal yang telah dilakukan sejak peran dunia ke 2,dan mengangkat 18
orang Barcania ketingkat manajemen madya.Caribeab Bauxite menempati posisi paling
atas dibandingkan perusahaan internasional lain di Barcania.Keberhasilan
Kebijakan regionalisasi ini menciptakan hubungan yang sempurna dengan
pemerintahan-hubungan yang dianggap semakin penting ketika Barcania, tiga tahun
kemudian, menjadi sebuah Negara merdeka-sebuah kejadian yang mendorong sikap
kritis bahwa Barcania akan didominasi oleh isnpekstor asing yang serakah. Karena
itu, Hutchins tidak memiliki banyak kesulitan meyakinkan Baker bahwa upaya
mengembangkan karir Rennalls adalah perioritas paling penting.
Dua
tahun berlalu semenjak wawancara itu dan Baker,yamg tegah duduk dikursi
kantornya,mengingat kembali kesuksesannya dalam mengembangkan pontensi
Rennalls. Apa aspek kepribadian Renalls yang telah membantu proses ini, dan apa
saja yang menghambatnya? Bagaimana dengan kepribadian Rennalls? Apakah
kepribadiannya tersebut membantu atu menghambat perkembangan karirernya? Sisi
positif yang pertama adalah,Rennalls jelas mengusai aspek-aspek teknis dalam
pekerjaannya. Sedari awal, ia menunjukkan semangat dan antusiasme, dan ia
sering kali memesona Baker dengan kemampuannya menyelesaikan tugas-tugas baru
dan dengan komentar-komentar konstruktif yang dikemukkannya dalam pertemuan dan
diskusi. Hutchins dahulu sangat mudah membujuk Rennalls untuk melepaskan
aktivitas politiknya dan masuk ke depertemen produksi sebagai asisten teknisi.
Namun
menurut sepengetahuan Baker, kesedaran perbedaan ras yang melekat sangat kuat
pada diri Rennalls mencengah hubungan mereka menjadi sahabat dekat. Dilihat
sepintas, tidak ada yang menyadari adanya masalah antara mereka berdua.
Formalitas di antara keduanya sangat minim. Baker sangat puas karena Rennalls,
sebagai asistennya, memiliki ras humor yang tinggi (mereka sering kaling saling
melempar guruan). Mereka saling mertamu ke rumah masing-masing dan sering kali
bermain tenis bersama-dan kenyataannya. Penghambat di antara mereka tetap tidak
terlihat ,tidak dapat didefenisikan, namun tetap ada. Adanya hambatan tersebut
menjadi sumber purstasi bagi Baker, karena hambatan tersebut merupakan suatu
bentuk kekalahan yang sulit diterima. Bila ia berhasil bergaul semua orang dari
bangsa lain, mengapa tidak dengan Rennalls?
Setidaknya,
ia dapat menembus beberapa tabir kepribadian Rennalls di bandingkan ekspatriant
lainnya. Mala, sikap pemuda Barrcania inilah menjadi salah satu topik yang
dibicarakan Baker tahun lalu ketika ia mendiskusikan laporan staf Rennalls.
Rennalls terkandang menunjukkan perilaku sinis atau arogansi berlebihan kepada
ekspatriat. Beberapa hari yang lalu, Martha Jackson, seorang sekertaris senior,
mengeluhkan ketidak sopanan Rennalls Baker tahu itu.
Kepribadiannya
tersebut membantu atau menghambat perkembangan karirnya? Sisi positif yang
pertama adalah, Rennalls jelas mengusai aspek-aspek teknis dalam pekerjaannya.
Sedari awal, ia menunjukkan semangat dan antusiasme, dan ia seringkali memesona
Baker dengan kemampuannya menyelesaikan tugas-tugas baru dengan
komentar-komentar konstruktif yang dikemukakannya dalam pertemuan dan diskusi
depertemen Rennalls sangat populer di kalangan Barracania memiliki sikap supil
yang memberikannya keuntungan ketika menghadapi para seniornya.
Ini
semua merupakan asset yang berharga, tapi bagaimana dengan sisi negatifnya?
Pertama, dan yang paling penting, adalah kesadaran Rennalls akan isu-isu
diskriminasi ras. Empat tahun pengalamannya di London University telah
menguatkan perasaan ini dan membuatnya sangat sensitif terhadap setiap ungkapan
pada warga Negara asing yang meremehkan etnisnya contoh yang paling kuat adalah
kejadianyang terjadi setelah ia kembali London. Ia langsung terlibat dalam
dunia politik melalui Unitet Acetion Parti besar, yang pada akhirnya
memenangkan pemilihan umum sebelum kemerdekaan dan memberikan Negara ini
perdana menterinya yang pertama.
Ambisi
Rennalls-dan ia adalah orang yang sangat ambisius-tidak terletak di bidang
politik. Walaupun ia seorang nasionalis yang kukuh, ia melihat bahwa ia bisa
berjuang dengan demi negaranya dengan memberikan usahanya yang terbaik dalam
bidang teknik-bukankah Bauxite memberikan hamper setengah nilai ekspor
Barrcania? Kepribadian Rennalls dibandingkan ekspatriat lainnya malah,
sikap pemuda Barracania inilah yang
menjadi salah satu topic yang dibicarakan Baker tahun lalu ketika ia
mendiskusikan laporan staf Rennalls. Rennalls terkadang menunjukkan perilaku
sinis atau arogansi berlebihan kepada ekspatriat. Beberapa hari yang lalu,
Martha Jackson, seorang sekretaris senior,mengeluhkan ketidaksopanan Rennalls.
Baker tahu ia harus memperingatkan Rennalls tentang hal ini. Sambil mengingat
hal ini, Baker mencondongkan badannya ke arah meja dan berbicara ke intercom:
“Bisakah kamu masuk,Matt? Saya ingin berbicara denganmu. “Rennalls memasuki
ruangan, dan Baker, sambil memegang sebuah kotak sigreat, berkata, “silahkan
duduk. Ambillah rokok ini.”
Ia
berhenti sejenak ketika Rennalls mengeluarkan pemantik api, dan kemudian
meneruskan perkataannya. “Kamu tahu Matt, saya akan segera ditempatkan di
kanada , dan sebelum saya pergi, saya piker akan sangat bermanfaat bila kita
dapat berbincang bersama. Ada beberapa hal yang perlu saya ungkapkan dengan
kebaikanmu. Kamu akan segera duduk di kursi ini dan melakukan pekerjaan saya,
tapi di sisi lain, saya 10 tahun lebih tua darimu, jadi kamu munkin dapat
mengambil manfaat dari pengalaman saya yang panjang.”
Rennalls
tampak waspada , jadi Baker menambahkan penjelasan ini. “ kamu dan saya telah
menghadiri cukup banyak kursus perusahaan. Kamu tentu ingat ucapan manajer
personalia, yakni sangatlah penting mengatakan pada para karyawaan seberapa
baik mereka telah bekerja; tidak hanya dalam rapat tahunan, namun dalam setiap
momen yang tepat.”
Rennalls
mengangguk setuju, jadi Baker melanjutkan, “saya selalu ingat sebuah percakapan
yang saya lakukan dengan atasan saya di jerman. Ia menggunakan apa disebutnya
‘teknik plus minus’ ia percaya bahwa ketika manajer senior mengajak karyawannya
berdiskusi dengan tujuan meningkatkan kinerja stafnya, tujuan utamanya adalah
memotivasi orang yang diajak berdiskusi sehingga ia terinpirasi untuk
memperbaiki diri. Karena itu, setiap kritik haruslah konstruktif dan membantu.
Ia pernah kata bahwa sebuah cara yang sangat baik untuk memotivasi orang-dan
saya sangat setuju dengan cara tersebut –adalah dengan membahas hal-hal baik
dari seseorang, yakni sejumlah factor positif atau factor plus, dan juga
mengumukakan hal-hal yang masih harus diperbaiki, yakni factor-factor minus.
Jadi, Matt, kita akan berdidkusi dengan cara-cara ini.”
Rennalls
tidak memberikan komentar apa pun, jadi Baker melanjutkannya. “karena itu, saya
berkata jujur, factor-faktor plus yang ada dalam dirimu jauh melebihi factor
minius. Sebagai contoh, saya sangat terkesan dengan caramu menerapkan sejumlah
pengetahuan teoritas ke dalam hal-hal teknis dan praktis dalam pekerjaan
kita-seperti metode jenius yang kamu gunakan untuk menyuplai udara ke
terowongan nomor lima. Pada rapat-rapat depertamen, saya menyadari bahwa
komentar-komentar kamu mudah dipahami, dan sangat berguna.
Saat
Baker membahas topic ini, Rennalls duduk kaku di kursinya, dan ia terdiam
selama beberapa detik sebelumnya berujar, “sangat luar biasa, bukankah bengitu;
seseorang dapat menangkap kesan yang sangat berbeda dengan apa yang sebenarnya
dimaksudkan? Saya yakinkan Anda, Baker, bahwa perselisihan saya dengan Jackson
–dan dengan Gondson. Bila anda ingat-tidak terkait warna kulit mereka.
Seandainya orang Barrcania menunjukkan sikap seperti Jackson dan Gondson, saya
juga akan berperilaku sama terhadap mereka. Sekali lagi, bila saya boleh
mengungkapkannya dalam ruangan ini, saya bukan satu-satunya orang yang berpendapat
bahwa Jackson dan Godson adalah orang-orang yang menyebelkan. Saya dapat
menyebutkan beberapa ekspatriat yang memiliki perasaan sama dengan saya. Meski
demikian, saya minta maaf karena telah menciptakan kesan seolah-olah saya tidak
dapat bergaul dengan ekspatriat dari eropa-itu tidak benar-dan saya sadar bahwa
saya harus segera memperbaikinya, sebaik mungkin. Mengenai hal anda sampaikan
diakhir, bahwa ekspatriat Eropa akan menduduki posis senior di perusahaan untuk
waktuk yang cukup lama, saya dapat menerima hal itu. Saya tahu bahwa Carribean
Bauxite-seperti yang dilakukannya lama bertahun-tahun akan menganggkat
Barccania ketika pengalaman mereka memenuhi persyaratan yang dibutuhkan.dan
akhirnya percayalah bahwa saya sangat senang dengan pekerjaan kita-seperti
metode jenis yang kamu gunakan untuk menyuplay udara keterowongan nomor 5. Pada
rapat-rapat depertemen, saya bahwa menyadari bahwa komentar-komentar sudah
dipahami,dan sangat berguna. Malah, kamu pasti tertarik untuk mengetahui banwa
minggu lalu, saya melaporkan kepada Bu Hutchins bahwa dari sudut pandang
teknis, tidak ada orang yang lebih baik dari dirimu untuk menjabat sebagai
teknisi utama.”
Terima
kasih, John.” Rennalls berkomentar dengan seulas senyuman terima
kasih.”kekhawatiran saya satu-satunya adalah bagaimana saya bisa mempertahankan
penilaian yang tinggi seperti itu.”
“mengenai
hal itu,” kata Baker,”saya sangat yakin kamu bisa melakukannya, terutama bila
kamu dapat mengatasi factor minus yang akan saya diskusikan setelah ini. Saya
akan langsung pada intinya. Kamu lebih akrab dan bersahabat dengan rekan-rekan
senegaramu,orang-orang Barrcania, dibandingkan dengan rekan-rekanmu dari Eropa.
Kemarin saya mendapatkan sebuah keluhan dari Nona Jackson, yang mengatakan
bahwa kamu telah bersikap kasar padanya-dan itu bukan yang pertama kali.”
“Matt,”
Baker melanjutkannya, “saya tidak perlu mengungkapkan betapa pentingnya
berusaha ramah dengan rekan-rekan ekspatriat, karena sampai perusahaan dapat
memberikan pelatihan yang cukup untuk menghasilkan tenaga kerja sekaliber kamu,
rekan-rekan dari Eropa ini akan terus memenuhi posisi senior di Barrcania ini.
Ini sangat penting bagi masa depan kamu. Mengenai hal yang anda sampaikan di
akhir bahwa ekspatriat Eropa akan menduduki posisi senior di perusahaan untuk
waktu yang cukup lama, saya dapat menerima hal itu. Saya tahu bahwa Caribbean
Bauxite-seperti yang telah dilakukannya bertahun-tahun-akan mengangkat warga
Barracania ketika pengalaman mereka memenuhi persyaratan yang dibutuhkan. dan
akhirnya, percayalah bahwa saya sangat senang dengan pekerjaan saya di sini dan
saya berharap tetap bertahan dalam perusahaan selama bertahun-tahun ke depan.”
Rennalls
telah berbicara dengan jujur, dan Baker, meskipun tidak sepenuhnya meyakini apa
yang ia dengar, tidak ingin membawa masalah ini lebih jauh. Ia hanya
mengatakan,”baik, Matt. Munkin saya telah menangkap kesan yang salah, tapi saya
ingin mengingatkan Anda mengenai kebenaran petuh lama, ‘yang penting bukanlah
apa yang terjadi, tapi apa yang Anda yakni. ‘ingatkah itu.”
Tapi
kemudian Baker menyadari bahwa ia tidak ingin berhenti sampai di situ. Ia
kecewa karena tidak mampu menembus pertahanan Rennalls dan lagi-lagi harus
mendengarkan penyangkalannya terhadap adanya prasangka rasial dalam
perilakunya.
Baker,
sudah berniat mengakhiri wawancara pada titik ini, memutuskan mencoba taktik
lainnya. “Mari kita kembali sejenak pada teknik plus dan minus yang saya
sebutkan sebelumnya. Ada lagi factor plus yang tadi belum saya sebutkan. Saya
ingin memberikan ucapan selamat pada kamu tidak hanya atas kualitas kerja kamu
yang luar biasa , tapi juga atas kemampuan yang telah kamu tunjukkan dalam
mengatasi tantangan yang saya, sebagai orang Eropa, tidak pernah mampu
mengatasinya.”
“Continental
Ore adalah, seperti yang kamu ketahui sebuah perusahaan besar yang marupakan
produk dari lingkungan ekonomi dan sosial orang Amerika dan Eropa Barat. Para
leluhur saya telah hidup dalam lingkungan kerja seperti ini sejak 200 atau 300
tahun lalu, dan karenanya, saya dapat menjalani hidup di dunia komersial
seperti sekarang ini karena lingkungan seperti ini telah menjadi bangian hidup
saya revolusioner dan baru bagi saya. Dalam kasusmu,” lanjut Baker, “situsnya
berbeda. Kamu dan nenek moyang kamu baru terjun ke dunia industry selama 50
tahun, bukan 200 atau 300 tahun. Sekali lagi Matt, saya memberikan ucapan
selamat atas keberhasilan kamu mengatsi tantangan ini. Untuk alasan inilah saya
berpikir bahwa harapan Barrcania –dan terutama Caribbean bauxite-terlihat
sangat cerah.”
Rennalls
mendengarkan hal ini dengan serius, dan ketika Baker selesai, ia berujar, “
sekali lagi John, saya harus berterima kasih atas apa yang anda ucapkan dan
saya hanya dapat berkata,sangatlah menyenangkan mengetahui bahwa uasaha saya
hargai demikian tinggi. Saya berharap lebih banyak orang berpikir seperti
Anda.”
Rennalls
berhenti sejenak, dan untuk sesaat Baker berpikir dengan penuh harap bahwa ian
akan mencapai sesuatu yang telah dinanti-nantikannya selama ini. Tapi Rennalls
hanya tersenyum dan tidak berkata apa-apa. Penghalang yang ada di antara mereka
tetap tidak terpecahkan. Mereka melanjutkan perbincangan tersebut, surat
tersebut telah disebarkan, dan salinan untuk Anda diletakannya di laci Bapak.”
Merasa
bingung dan terkejut,serta kwatir ia membuka amplop yang tertulis “Rahasia’’
dan membaca surat berikut ini.
DARI : Asisten Teknisi
KEPADA
: Teknisi Utama Carribean Bauxite
Limited
SUBJEK : Penilaian Wawancara Antara Baker dan
Rennalls
TANGGAL : 14 Agustus 1982
Saya
selalu menghargai setiap nasihat dari para senior, seseudah wawancara
kemarin,saya merenungkan hal-hal inti dalm pembiraan kita untuk memastikan
bahwa saya memahami semua yang telah anda ungkapkan seperti yang saya janjikan pada Anda
kemarin,saya akan menyikapi saran-saran Anda sebaik mungkin.
Kemarin malam saya duduk tenang
dirumah saya sambil merunungkan apa yang anda bicarakan.Peerlahan-lahan saya
memahami tujuan wawancara tersebut.Kesadaran itu sungguh menghentakan saya
semakin saya berfikir mengenai hal tersebut,saya semakin menyadari niat anda
yang sebenarnya dan saya semakin marah.Dengan menggunakan kefasihan berbahasa
inggris yang tidak mungkin sayatandingi-saya,seorang Barracania yang
Malang-anda menggunakanstiap kesempatan untuk menghina saya.
Rannalls berhenti sejenak dan untuk
sesat Baker berfikir dengan penuh harap bahwa ia akan mencapai sesuatu yang
telah dinanti nantikannya selama ini. Tapi Rennalls hanya tersenyum dan tidak
berkata apa-apa.Penghalang yang ada diantara mereka tetap tidak terpecahkan.
Mereka melanjutkan perbincanagn ringan selama lima menit mengenai perbedaan iklim di Karabia dengan
iklim Kanada dan apakah Hindia Barat memiliki harapan untuk mengalahkan inggris
di pertandingan cricket.Walupun Baker
belum merasa belum merasa mampu memahami Rennalls tang sebenarnya, ia tidak
memungkiri bahwa wawancara ini berlangsung dalam situasi yang bersahabat da
diakhiri dengan suasana yang menyenangkan, dan ia merasa cukup pula.
Meski demikian, perasaan ini
hanya bertahan sampai pagi berikutnya.
Baker harus menghadiri beberapa acara perpisahan, jadi ia tiba dikantor lebih
lambat dari biasanya.Ia baru saja duduk
dikursi ketika sekretarinya masuk kedalam ruangan dengan wajah cemas.
Kata-kata yang keluar dari mulutnya keluar dengan sangat cepat ”Ketika saya
tiba pagi ini, saya melihaat tuan Rennalls sudah menunggu di pintu ruangan
saya. Ia tampak sangat marah dan memerintahkan saya untuk membuat surat
dikrimkan dengan segera, tanpa penundaan apa pun. Ia tampak emosional, tidak
dapat brdiri tenag dan terus berjalan mondar mandir diruangan, tidak seperti ia
biasanya. Ia bahkan tidak membaca apa yang ia tekankan. Ia hanya menandatangani
halaman terakhir surat tersebut. Semakin saya berfikir mengenai hal tersebut saya
semakin menyadari niat anda sebenar benarnya saya menjadi semakin marah. Dengan
menggunakan kefasihan berbahasa inggris yang tidak mungkin saya tandingi-saya, seorang
Barcania yang malang anda menggunakan setiap kesempatan bentuk menghina saya (dan
semua orang Barcania) dengan mengatakan bahwa pengetauan kamimengenai kehidupan
modern hanya berusia 50 tahu, sedangkan kehidupan modern anda sudah berusia 200
atau 300 tahun lamanya.seolah olah lingkuan komersial-metarialistis anda dapat
disamakan dengan nilai-nilai sprituali kami! saya berkata apa adanya, jika apa
yang telah saya saksikan di London adalah cerminan dari budaya yang anda
sombongkan kemarin, saya berharap hal tersebut tidak akan perna terjadi di
Barnacania! apa hak anda untuk menilai bahwa kebudayaan kami lebih rendah? pada
dasarnya, setiap orang Eropa seperti anda menganggap kami seorang barbar atau,seperti
yang sering kalian ungkapkan dalam pembicaraan antara kaum kalian, kami adalah ’’manusia
kera yang turun dari pepohonan”.
Saya telah mediskusikan hal ini
dengan ayah saya dan ia pun merasa jijik, sama seperti saya . Ia juga setuju
bahwa diperusahaan yang staf seniornya berfikir seperti Anda, tidak aka nada
tempat bagi orang orang Barrcania yang merasa bangga pada budaya dan rasanya
ternyata selogan ”Regionalisasi untuk warga Barrcania” hanya omong kosong. Saya
merasa dipermalukan dan dikhianati. Terima surat ini sebagai pengunduran diri
saya dan saya harap pengunduran diri saya berlaku sesegera mungkin.
Pertanyaan & Jawaban :
1. Menurut
pendapat Anda,hasil akhir seperti apakah yang diharapkan Baker dari wawancara
dengan Rennalls? Apakah ia berhasil? Mengapa?
Jawaban
: Hasil akhir yang diharapkan baker dari hasil wawancaranya
dengan Rennalls ialah Baker berharap bahwa Rennalls menjadi penerusnya sebagai
teknisi utama dalam sebuah perusahaan Carribean Bauxite Limited. Sehingga,
Baker tidak berhasil membujuk Rennalls dikarenakan adanya masalah. Mengapa?
Karena Rennalls sudah tidak nyaman dengan karyawan yang berada diperusahaan
tersebut.
2. Apakah
komunikasi nonverbal turut memberikan sumbangan dalam kasus ini? Jelaskan dan
berilah contoh yang spesifik.
Jawaban
: Ya, komunikasi nonverbal turut memberikan sumbangan
dalam kasus ini. Karena komunikasi nonverbal meliputi gerakan tubuh, intonasi
atau penekanan yang kita berikan atas kata-kata, ekspresi wajah, serta jarak
fisik antara pengirim dan penerima. Contoh yang spesifik yaitu selama terjadi
wawancara antara Baker dan Rennalls ada beberapa komunikasi nonverbal dalam
percakapan mereka seperti saat Baker mengatakan “Kamu tentu ingat ucapan
manajer personalia, yakni sangatlah penting mengatakan pada para karyawan
seberapa baik mereka telah bekerja, tidak hanya dalam rapat tahunan, namun
dalam setiap momen yang tepat”. Rennalls mengangguk yang menandakan bahwa ia
setuju dengan perkataan Baker. Dengan melihat komunikasi nonverbal (mengangguk)
dari Rennalls, Baker lalu bisa melanjutkan perkataannya.
3. Apa
yang dapat dilakukan Baker dan Rennalls untuk memperbaiki situasi diatas?
Jawaban
: Sebaiknya, Baker sebagai teknisi utama harus dapat
menengahi masalah tentang karyawannya. Baker harus lebih memperhatikan hal-hal
kecil permasalahan karyawan dan tidak serta merta menilai siapa yang salah.
Apalagi Baker ingin membrikan posisinya sebagai teknisi utama untuk mengontrol
perusahaan tersebut. Baker juga seharusnya sudah mengetahui berbagai
karakter-karakter yang dimiliki karyawannya dan tentunya harus berhati-hati
dalam menyampaikan sesuatu.
Dan
sebaliknya, posisi Rennalls sebagai asisten teknisi juga sebaiknya harus lebih
beretika. Tidak mengandalkan emosi untuk meladeni karyawan lainnya meskipun
berkaitan dengan pencemaran budaya, sebaiknya Rennalls juga harus bercerita
sebelumnya kepada Baker tentang masalah tersebut. Sehingga Baker dapat mendamaikan
karyawannya dan melakukan evaluasi karyawan sebaik-baiknya.
KESIMPULAN
Komunikasi adalah proses perpindahan
dan pemahaman arti dalam bentuk gagasan atau informasi. Perpindahan pengertian
tersebut melibatkan lebih dari sekedar kata-kata yang digunakan dalam
percakapan, tetapi juga ekspresi wajah, intonasi, titik putus vokal dan
sebagainya yang biasa disebut Komunikasi nonverbal. Selain itu seseorang
mengirimkan berita dan mengirimkan dan menerimanya sangat tergantung pada
ketergantungan pada keterampilan-keterampilan tertentu (membaca, menulis,
mendengar, berbicara, dan lain-lain ) untuk membuat sukses pertukaran informasi
atau yang biasa disebut Komunikasi verbal.
DAFTAR PUSTAKA
Ivancevich, John M. Konopaske,
Robert dan Matteson, Michael T.2007.Perilaku dan Manajemen Organisasi.Edisi
ketujuh.Penerbit Erlangga: Jakarta 13740
Pearson.2015.Perilaku Organisasi.Edisi
Enam Belas.Penerbit Salemba Empat: Jakarta Selatan 12610
Tidak ada komentar:
Posting Komentar